Rabu, 12 September 2012

Cermat Memilih Material Kamar Mandi

Walaupun sering diabaikan, kamar mandi adalah salah satu ruang terpenting di rumah. Fungsinya tidak tergantikan oleh ruang manapun. Saat ini tersedia banyak sekali material yang dapat digunakan untuk membuat atau merenovasi kamar mandi. Namun, material-material itu harus diperhatikan agar kamar mandi bisa berfungsi secara optimal.

Lantai
   Kriteria untuk memilih material lantai adalah yang permukaannya tidak licin, kuat, mudah dibersihkan, serta tahan terhadap bahan kimia. Pilihlah bahannya bisa cat lantai keramik, batu alam (marmer, granit, dan sejenisnya), atau bahan vinil. Selain bahan, pemasangan lantai perlu diperhatikan. Kemiringan lantai yang disarankan adalah 1 persen dari panjang dan lebar lantai.

Dinding
   Pelapis dinding dipilih dari bahan yang mudah dicuci dan tahan air sehingga mudah dibersihkan. Bahan yang dapat digunakan antara lain cat jenis water proofing, keramik, batu alam, atau partisi pembatas yang dilaminasi dan tahan air. Sebagai alternatif, bahan dinding yang lebih murah bisa digunakan dinding batako yang dilapisi cat tahan air. Pilihan warna terang pada dinding akan sangat memudahkan dalam mengontrol kebersihannya.

Pintu
   Mengingat kegiatan di toilet akan intensif menggunakan air, pilihan bahan pintu dan kusen pun sebaiknya terbuat dari bahan yang tahan air, ringan dan mudah dibersihkan. Bahan yang disarankanantara lain pintu dan kusen PVC, kusen alumunium, daun pintu dari lembaran alumunium/seng/lembaran fiber, atau pintu yang dilaminasi. Ketinggian pintu dari lantai harus mempunyai ambang yang lebih tinggi dari biasanya (jenis pintu-pintu lainnya). Jika tak ada kendala terkait dengan luasan ruang, sebaiknya daun pintu dipasang di sebelah kanan dan membuka ke dalam (untuk menghindari benturan dengan aktivitas di luar).


Sumber: Kompas, 13 September 2012, hal 44

Tidak ada komentar:

Posting Komentar